Perbedaan Buah Duku dan Buah Langsat

Duku

Buah Duku atau Langsat ?

Meskipun namanya berbeda, sebetulnya buah duku dan buah langsat berada dalam satu jenis buah yang sama. Langsat adalah bagian dari duku. Duku amat bervariasi dalam sifat-sifat pohon dan buahnya; sehingga ada pula ahli yang memisah-misahkannya ke dalam jenis-jenis (spesies) yang berlainan. Inilah yang kemudian pada garis besarnya, ada dua kelompok besar buah ini, yakni duku dan langsat.Selain dua kelompok ini ada juga kelompok campuran antara keduanya yang disebut duku-langsat. Serta kelompok terakhir yang di Indonesia dikenal sebagai kokosan.

Kembali pada perbedaan duku dan langsat, yang dikenal sebagai duku umumnya memiliki pohon yang besar, padat oleh dedaunan yang berwarna hijau cerah, dengan tandan yang relatif pendek, dan berisi sedikit buah.

Butiran buahnya besar, cenderung bulat, berkulit agak tebal namun cenderung tidak bergetah bila masak, umumnya berbiji kecil dan berdaging tebal, manis atau masam, dan berbau harum.

Sementara langsat kebanyakan memiliki pohon yang lebih kurus, berdaun kurang lebat yang berwarna hijau tua, dengan percabangan tegak. Tandan buahnya panjang, padat berisi 15-25 butir buah yang berbentuk bulat telur dan besar-besar.

Buah langsat berkulit tipis dan selalu bergetah (putih) sekalipun telah masak. Daging buahnya banyak berair, rasanya asam manis dan menyegarkan.

Tak seperti duku, langsat bukanlah buah yang bisa bertahan lama setelah dipetik. Dalam tiga hari setelah dipetik, kulit langsat akan menghitam sekalipun itu tidak merusak rasa manisnya. Hanya saja tampilannya menjadi tidak menarik.

Duku yang paling terkenal di Indonesia adalah duku Palembang, terutama karena manis rasanya dan sedikit bijinya.

Mengingat daya tahan buahnya yang tak seperti duku, langsat umumnya dikenal secara lebih terbatas dan lokal. Beberapa kultivar yang populer, di antaranya adalah dari Malang, Kalsel, dan juga Makassar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: